Di Bumi seperti di Surga

Di Bumi seperti di Surga

Selasa, 23 Februari 2021

Yesaya 55:10-11
Mazmur 34
Matius 6:7-15

Bagi umat Protestan Pentekostal yang mengandalkan interpretasi Alkitab yang meramalkan akan terjadinya rapture (lihat penjelasan sebelumnya di https://lubukhati.org/?p=9976), keadaan di bumi sudah hampir seperti tidak ada harapan. Mereka menantikan dan berdoa supaya mereka cepat-cepat terangkat ke surga supaya bebas dari segala hal duniawi. Bagi mereka tidak ada gunanya lagi merawat bumi.

Sayangnya ada juga umat Katolik yang berpikiran serupa. Mereka inilah yang mengabaikan, atau malah menolak, ajaran Paus Fransiskus yang ada dalam surat ensiklikal Laudato Si’ (http://www.dokpenkwi.org/wp-content/uploads/2017/08/Seri-Dokumen-Gerejawi-No-98-LAUDATO-SI-1.pdf) atau surat apostolik Querida Amazonia (http://www.dokpenkwi.org/wp-content/uploads/2020/05/Seri-Dokumen-Gerejawi-No-114-QUERIDA-AMAZONIA.pdf). Beliau menyanyangkan bahwa “banyak upaya untuk mencari solusi konkret krisis lingkungan sering gagal, tidak hanya karena perlawanan dari mereka yang kuat, tetapi juga karena kurangnya minat dari yang lain. Sikap-sikap yang menghalangi, bahkan di antara orang-orang beriman, dapat berkisar dari penyangkalan masalah sampai dengan ketidakpedulian, pasrah secara acuh tak acuh, atau kepercayaan buta terhadap solusi teknis.” (Laudato Si’ 14)

Sikap ketidapedulian terhadap bumi sudah muncul sejak awal sejarah ke-Kristenan. Bidaah Gnostisisme memandang jahat segala hal duniawi. Hanya hal spiritual saja yang bisa dianggap baik. Karena itulah mereka menyangkal kemanusiaan Yesus.

Doa Bapa Kami yang diajarkan Yesus hari ini mengingatkan kita untuk berdoa dan berkarya supaya kehendak Allah terjadi di bumi seperti di dalam surga. Di dalam madah Kudus dalam misa kita mengumandangkan: “surga dan bumi penuh kemuliaanMu.” Bumi bukanlah tempat di mana kita semata-mata ingin tinggalkan cepat-cepat, tetapi tempat di mana kehendak dan kemuliaan Tuhan terjadi secara nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *