“Allah hadir”

“Allah hadir”

Kisah Para Rasul 13:44-52

Yohanes 14:7-14

Saudara-i terkasih,

    Bacaan Injil hari ini Yesus menegaskan betapa Allah selalu hadir dalam setiap aspek kehidupan kita: …”Tidak percayakan engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Percayalah kepadaKu, bahwa aku di dalam bapa dan bapa di dalam aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.” Dari pernyataan ini jelas bagi kita bahwa Yesus adalah penjelmaan Allah menjadi manusia dan tinggal diantara kita. Oleh karena itu kepercayaan kita kepada Kristus memotivasi  kita untuk percaya kepada Bapa, atau setidak-tidaknya percaya akan segala sesuatu yang telah dikerjakan Yesus selama Ia berjalan keliling sambil berbuat baik. 

    Dalam perjalanan hidup ini bukan tidak mungkin kita bisa saja seperti Philip yang bertanya atau minta kepada Yesus: “Yesus, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.” Kalau kita memahami apa yang Yesus katakan diatas, maka jawaban Yesus kepada Philip sudah sangat gamblang untuk melihat kehadiran Allah, Bapa dalam setiap perjalanan hidup kita. Sebagai misal, selama masa Pandemic ini sementara orang mohon kepada Yesus, mintalah kepada Bapa agar problem ini segera akan berakhir. Pandemic akan segera berakhir kalau kita semua menyadari dan mau bekerjasama mengatasinya dengan mematuhi protokol yang diberikan, bukan tidak mungkin persoalan ini akan lebih cepat teratasi. Tuhan menganugerahi kita dengan ilmu pengetahuan, akal budi, ketrampilan, kemampuan untuk bisa mengatasi persoalan ini dengan baik dan cepat, kalau kita mau bekerjasama dan mau saling membantu. Yesus menghimbau para murid untuk percaya dan belajar melakukan segala sesuatu yang sudah Yesus tunjukkan kepada mereka: “Percayalah kepadaKu, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Yesus mengundang satu kerja sama…bagaimana kita bisa bekerjasama dengan jaminan bahwa Yeus akan melaksanakannya. 

Selain itu, saudara-i ku terkasih,

    Bacaan Injil hari inipun mengingatkan kita akan kerendahan hati untuk terus berdoa dan berdoa memohon agar Pandemic ini, ataupun persoalan dalam kehidupan kita masing-masing apapun macamnya dapat teratasi. Karena Yesus pun memberi kita jaminan dengan mengatakan: “Jika kamu meminta sesuatu kepadaKu dalam namaKu, Aku akan melakukannya.” Jadi kita tidak pernah sendirian kalau kita tekun dalam doa, kasih kepada satu sama lain, melayani satu kepada yang lain, dan terus mewartakan kebaikan Tuhan kepada sesama lewat kata dan perbuatan kita masing-masing. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *