Injil Markus

Injil Markus

Senin, 10 Januari 2022

Samuel 1:1-8
Mazmur 116
Markus 1:14-20

Minggu ini bacaan Injil kita akan diambil dari Markus. Injil ini adalah yang paling pendek dan dianggap yang paling tua (ditulis sekitar tahun 70 M) dibandingkan Injil-injil yang lainnya. Kemungkinan besar Markus menulis Injil ini untuk komunitas Kristen di Roma yang sedang mengalami penganiayaan hebat semasa pemerintahan Kaisar Nero.

Romo Donald Senior, CP, seorang ahli kitab suci ternama menjelaskan bahwa ada dua tema utama dalam Injil Markus:

  1. Penggambaran tentang Yesus. Markus ingin menjelaskan siapakah Yesus itu. Setelah dinubuatkan oleh Yohanes Pembaptis, ia dibaptis dan dipanggil oleh Allah sebagai anakNya yang dikasihi. Ia lalu dicobai oleh Setan di padang gurun dan mampu memenangi pertempuran spiritual ini. Kemenangan Tuhan atas kejahatan, penyakit, dan segala hal yang mendera umat manusia dinyatakan oleh Yesus dalam karya pelayananNya di Galilea. Ini semua mencapai puncaknya dengan wafatNya di kayu salib.
  2. Penggambaran tentang murid-murid Yesus. Mereka dipanggil Yesus untuk mengikutiNya dan bergabung dalam misiNya. Mereka diberi kuasa unuk menyembuhkan dan mengajar sama seperti Dia. Tetapi mereka tidak dapat memahami ajaran dan karyaNya. Mereka meninggalkanNya di saat Dia tergantung di salib.

Semua ini mengingatkan kita bahwa para pengikut Yesus, dari dulu sampai sekarang, tidak sempurna dan banyak mengalami halangan dan kegagalan. Tetapi Yesus selalu setia dan tidak pernah meninggalkannya. Ia wafat untuk mereka, dan setelah bangkit kembali ke Galilea untuk mengumpulkan mereka kembali dan memberi kuasa untuk melanjutkan misiNya di dunia.

Comments are closed.