Angkatlah!

Angkatlah!

Jumat, 14 Januari 2022

1 Samuel 8:4-7, 10-22
Mazmur 89
Markus 2:1-12

Fotografer: Carlos Yap (https://www.facebook.com/jornadamundialdelajuventud/photos/a.10150114487205043/10161238137825043)

Pada tanggal 23 Januari 2019, Paus Fransiskus dijadwalkan untuk melewati sebuah jalan utama di Panama City dalam rangka Hari Orang Muda Sedunia (World Youth Day). Di distrik La Chorrera di kota itu, seorang remaja bernama Lucas HenrĂ­quez berhasrat ingin bertatap muka dengan Sri Paus. Hanya saja dia mempunyai kendala yang akan membuatnya sulit untuk melakukan hal itu di tengah ribuan orang: kakinya lumpuh sejak lahir dan dia harus menggunakan kursi roda ke mana-mana. Tiga teman baik Lucas dari kelompok orang muda parokinya, Gabriel, Rafael, dan Manuel (nama 2 orang malaikat agung dan nama pendek Immanuel – Tuhan beserta kita) memutuskan untuk membantu Lucas. Mereka pergi ke jalan utama itu dengannya, dan saat Paus lewat, mereka mengangkat Lucas dengan kursi rodanya. Hal ini menarik perhatian Paus Fransiskus, yang melemparkan senyum dan melambaikan tangan pada Lucas, seperti yang kita lihat dalam foto di atas.

Kejadian ini seperti mengulangi adegan yang kita baca dalam Injil hari ini, ketika seorang yang lumpuh diturunkan oleh teman-temannya lewat atap rumah untuk bisa melihat Yesus yang sedang dikerumuni banyak orang. Seperti Gabriel, Rafael, dan Manuel, mereka rela berkorban dan mengeluarkan tenaga untuk membantu teman mereka yang membutuhkan.

Dapatkah kita mengambil inspirasi dari mereka? Siapa saja orang dalam hidup kita yang butuh untuk kita angkat supaya dapat berjumpa dengan dan disembuhkan oleh Tuhan? Maukah kita berkorban dan menempatkan kepentingan mereka di atas kepentingan kita sendiri? Minggu ini, cobalah untuk menawarkan bantuan anda kepada mereka.

Comments are closed.