DINYATAKAN UNTUK ORANG KECIL

Jumat, 16 Juni 2023



Matius 11:25-30

Tuhan Yesus mengetahui bagaimana pergulatan setiap orang untuk bisa bertahan hidup dengan baik ditengah-tengah kesulitan-kesulitan dan berhadapan dengan kelemahan- kelemahan diri mereka sendiri. Oleh karena itu, Dia tidak ingin membiarkan mereka sendiri, sebaliknya Dia datang untuk menawarkan pengampunan dan pertolongan serta kekuatan kepada mereka. “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.”(Mat 11:28). Apakah tawaran kasih Allah ini dengan mudah diterima oleh manusia? Tidak jarang dan tidak sedikit tawaran tersebut diabaikan oleh manusia. Mengapa? karena mereka tidak percaya dengan Tuhan Yesus Kristus dan cenderung lebih percaya dengan hal-hal lain yang profan misalnya uang dan kekuasaan,dll. Mereka berfikir dengan uang mereka memiliki power dan semuanya bisa didapat dan dimiliki.

Dengan demikian tawaran kasih Allah tersebut tidak akan berlaku dan tidak bisa diterima bagi orang-orang yang “pandai” menurut padangan dunia, namun akan diterima oleh mereka yang dipadang rendah dan kecil oleh dunia.  “Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.”(Mat 11:25).

Oleh karena itu, setiap murid Kristus diharapkan bersikap rendah hati, sebab hanya dengan sikap tersebut mereka bisa percaya kepada Tuhan Yesus, dan Dia akan hadir di dalam hidup mereka serta memberkati mereka. “Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”(Yakobus 4:6).

Didik, CM 

About Romo. Aloysius Didik Setiyawan CM

Tinggal di Philadelphia, AS mendampingi Komunitas Katolik Indonesia (KKI).
This entry was posted in renungan. Bookmark the permalink.

Comments are closed.