Sumpah serapah

Sumpah serapah

Sabtu Pekan Biasa X, 13 Juni 2020

Bacaan: 1 Raj. 19:19-21; Matius 5:33-37

Sering kita dengarkan kata ‘sumpah’, atau malah juga mengucapkan sumpah, karena seolah sudah menjadi ungkapan biasa. Tuhan Yesus mengingatkan kita semua bahwa haruslah berhati-hati dalam bersumpah, karena manusia tidak punya jaminan apapun untuk menepati sumpahnya itu. Sangat berbahaya jika sumpah dijadikan cara untuk berjanji, karena sama saja kita mempermainkan sesama kita dan bahkan Tuhan sendiri. Dalam hal inilah Yesus sangat tegas dan mengembalikan manusia pada keadaan dirinya sendiri dan kemampuannya.

Dengan tegas Yesus mengatakan agar setiap orang harus bersikap tegas dalam sikap hidupnya. Oleh sebab itulah pilihan hanya mengatakan ‘ya’ atau ‘tidak’ dan bukan sikap tidak jelas dan ragu. Jawaban yang kita berikan menunjukkan kesadaran kita akan diri kita masing-masing. Dengan demikian kita siap melakukan yang jelas dapat kita lakukan, sekarang dan ke depannya. Jawaban ‘ya’ menunjukkan kesiap sediaan dalam bertindak dan tentu saja dalam mewujudkannya itu kita tetap memerlukan bantuan dan kekuatan dari Tuhan sendiri. Oleh sebab itulah dalam menjawab ‘ya’, sering juga kita sertai dengan ungkapan, ‘dengan bantuan Tuhan saya siap melakukannya’. Begitupun dengan tegas harus menjawab ‘tidak’, ketika memang tidak sesuai dengan kehedak Tuhan dan bertentangan dengan iman.

Kita diingatkan agar jangan pernah berkompromi atau berada dikeraguan karena godaan atau tawaran duniawi yang menyesatkan. Baiklah kita sadari sungguh bagaimana kita bersikap selama ini dalam menjalani kehidupan kita setiap hari. Apakah kita selalu berusaha mengikuti suara hati, yang sesuai dengan suara Tuhan atau lebih cenderung mendengarkan suara dunia, yang menjauhkan kita dari Tuhan. Bersikap tegas, berarti berani menjawab ‘tidak’ kepada setiap tawaran yang hanya membuat kesenangan, namun menjauhkan dari kebahagiaan ilahi. Ingatlah dengan bantuan Tuhan, kita akan mampu melakukan yang baik, karena Tuhan adalah jaminan hidup kita.  

Comments are closed.