Tanpa Judul

Tanpa Judul

Kamis, 30 Juli 2020

Yeremia 18:1-6
Mazmur 146
Matius 13:47-53

Bukan. Judul renungan hari ini bukan salah ketik atau karena malas memikirkan judul yang tepat. Tanpa judul atau Untitled adalah nama yang sering digunakan para seniman modern atau kontemporari. Dulu kalau berkunjung ke sebuah museum seni modern, hati ini rasanya jengkel kalau melihat sebuat patung atau lukisan yang berlabel Untitled. Bukannya lebih baik dan gampang kalau sang seniman memberi judul supaya orang bisa langsung mengerti artinya?

Tapi justru inilah maksud sang artis pencipta artifak seni itu. Dia mengharapkan kita memakai imajinasi kita, emosi dan intelek kita, supaya menginterpretasikan sendiri apa makna dari sebuah lukisan atau patung di depan kita. Ini berarti kita tidak bisa hanya melihat sekejap dan pindah ke obyek berikutnya, melainkan harus meluangkan cukup waktu untuk merenungkannya.

Hari ini kita sampai pada akhir dari bagian Injil Matius yang berisi perumpamaan, tepatnya dalam bab 13. Perumpamaan Yesus tidak jauh beda dengan obyek kesenian yang diberi judul “Tanpa Judul.” Yesus menggunakan perumpamaan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak bisa dijelaskan secara penuh dengan kata-kata, misalnya kerajaan Allah. Kalau pun ada penjelasan dalam Injil Matius, para ahli Alkitab berpendapat bahwa penjelasan itu ditambahkan oleh sang pengarang Injil dengan konteks audiensinya, bukan langsung dari Yesus.

Semoga setiap kali kita membaca perumpamaan dalam Injil, kita mau meluangkan waktu sejenak untuk berdoa, merenung, dan berkontemplasi. Kita semua dianugerahi Tuhan dengan intelek, imajinasi, emosi, dan perasaan. Gunakanlah semua ini untuk mendengarkan sabda Tuhan. Anda akan tertegun dengan banyaknya lapisan makna yang terkandung dalamnya. Perumpamaan yang kita mengerti hari ini bisa jadi memberikan makna yang lain di hari lain, sesuai dengan situasi hidup kita.

Apa yang diberikan oleh Tuhan tanpa judul, tergantung dari kita masing-masing untuk memberi judulnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *