PESTA MALAIKAT AGUNG MIKAEL, GABRIEL, RAFAEL

PESTA MALAIKAT AGUNG MIKAEL, GABRIEL, RAFAEL

Dan. 7:9-10,13-14; Yoh. 1:47-51.

Pada tanggal 29 September, Gereja merayakan Pesta Malaikat Agung. Gereja Katolik mengenal tiga nama Malaikat Agung yaitu Mikael, Gabriel dan Rafael. Ketiga Malaikat Agung ini adalah utusan Tuhan yang memiliki peran yang berbeda-beda dalam membantu manusia. Kata malaikat sendiri berasal dari kata Ibrani “MAL’AKH” yang menunjukkan suatu fungsi atau peran sebagai pembawa pesan

“Siapa sesungguhnya malaikat itu?” Katekismus Gereja Katolik no. 331 menjelaskan bahwa Kristus adalah pusat dunia malaikat. Mereka adalah malaikat-Nya: “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia…” (Mat 25:31). Mereka adalah milik-Nya karena mereka diciptakan oleh Dia dan untuk Dia: “Karena di dalam Dia telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di surga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintahan, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia” (Kol 1: 16). Mereka lebih lagi milik-Nya, karena ia menjadikan mereka pesuruh rencana keselamatan-Nya: “Mereka adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan” (Ibr 1:14).

Bacaan-bacaan pada hari ini berbicara tentang peran Malaikat sebagai pelayan dan pesuruh Allah. Daniel dalam bacaan pertama mengisahkan penglihatannya kepada kita. Penglihatan Daniel ini menggambarkan suasana surgawi di mana terdapat Allah Bapa yang bertakhta dalam kemuliaan-Nya, Yesus Sang Anak Manusia yang mendapat segala kekuasaan dan kemuliaan, Roh Kudus yang menyatukan mereka dalam satu kasih.  Gambaran Daniel dalam bacaan pertama menjadi sempurna di dalam bacaan Injil. Tuhan Yesus berjumpa dengan para murid pertama. Kali ini Filipus membawa Natanael kepada Yesus. Kini Natanael bertemu dengan Kebijaksanaan sejati yaitu Yesus, maka ia berkata: “Rabi, Engkau Anak Allah. Engkau Raja orang Israel.” Yesus berkata kepadanya: “Sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia”. (Yoh 1: 51).

Saudari-saudaraku yang dikasihi Allah, dengan perayaan pesta tiga Malaikat Agung ini, kita diingatkan oleh Gereja agar kita bersyukur atas kasih Allah melalui para malaikat-Nya dan tidak melupakan kebaikan para malaikat atas perlindungan serta penyertaan mereka dalam kehidupan di dunia ini. Para Malaikat Agung membantu manusia sampai kepada keselamatan: Mikael menguatkan kita untuk melawan kejahatan; Gabriel meneguhkan kita untuk mewartakan kabar sukacita; dan Rafael menuntun kita dalam penziarahan hidup di dunia ini. Selain itu, kita juga diingatkan akan sikap yang harus kita ambil untuk menyenangkan hati Tuhan, sama halnya seperti yang dilakukan para malaikat. Semoga kita selalu berupaya menjadi ‘malaikat’ bagi orang lain dengan sikap, ucapan dan tindakan kita yang kudus dan tulus setiap harinya. Dan, marilah kita memohon agar kita dibebaskan dari segala yang jahat, senantiasa membawa kabar baik, dan disembuhkan dari segala penyakit, secara khusus di masa pandemi ini.

Tuhan memberkati!

One thought on “PESTA MALAIKAT AGUNG MIKAEL, GABRIEL, RAFAEL

  1. Kita percaya bahwa Setiap manusia memilik malaikat pelindung masing-masing, apakah tugas khusus malaikat pelindung kita tsb?
    Apalah seperti Mikael? Gabriel? Rafael? Atau gabungan ketiganya?
    Ataukah memiliki tugas khusus lainnya?

Comments are closed.

Comments are closed.