Rapture

Rapture

Jumat, 13 November 2020

2 Yoh 4-9
Mazmur 119
Lukas 17:26-37

Konsep rapture di mana orang baik akan terangkat ke surga pada saat kedatangan Yesus yang kedua kalinya sehingga mereka tidak perlu mengalami penderitaan berat di bumi, sangat populer di kalangan gereja Pentakostal. Terlebih di saat mereka merasa keadaan dunia sudah semakin parah, mereka berdoa supaya rapture segera terjadi dan mereka diangkat ke surga. Rapture menjadi sangat populer terutama dengan seri buku dan televisi Left Behind yang dibintangi Kirk Cameron. Adegan rapture kurang lebih mengikuti bacaan Injil hari ini, di mana ada dua orang di suatu tempat, satu akan dibawa, dan yang lain akan ditinggalkan.

Perkataan Yesus ini bukanlah dimaksud untuk memberikan detil tentang bagaimana sesuatu seperti rapture akan terjadi. Pesan utama Yesus adalah supaya kita siap siaga akan kedatangannya. Tidak ada siapapun yang tahu persis apa yang akan terjadi, sama seperti jaman Nuh dan Lot. Orang bisa seketika binasa. Karena itu berjaga-jagalah.

Sebagai umat Katolik, kita tidak percaya akan terjadinya rapture seperti yang digambarkan oleh kelompok Pentakostal. Bagi kita, kedatangan Yesus kedua kalinya adalah saat di mana Kristus akan mengalahkan kematian, dosa, dan kejahatan untuk terakhir kalinya. Gereja sebagai Tubuh Kristus akan dipenuhi dengan kegembiraan yang sempurna ketika dipersatukan kembali seutuhnya dengan Tuhan kita.

Comments are closed.